Tutorial Terbaru

RESIKO MENGALAMI HAID TIDAK TERATUR


ACUY info. Siklus haid yang tidak teratur ini tentu menjadi suatu masalah yang harus diperhatikan bagi setiap wanita. Penting bagi wanita untuk mencatat setiap masa menstruasinya, interval dari siklus menstruasi setiap bulan, lama waktu menstruasi, atau rasa sakit yang ditimbulkan. Mencatat riwayat siklus menstruasi ini akan membantu anda mengatasi masalah yang mungkin terjadi akibat siklus menstruasi yang tidak teratur.

Salah satu penyebab infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita adalah menstruasi yang tidak teratur akan mengalami kesulitan mendapatkan anak. Banyak wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur dan memiliki nyeri yang hebat saat mentruasi, jika tidak dilakukan pemeriksaan, siklus yang tidak teratur ini bisa menyebabkan anda kesulitan untuk mempunyai keturunan. 81f926414c24f91d89d1303acd304b21_haid-tidak-teratur5

Bahaya perempuan dewasa yang mengalami menstruasi tidak teratur sehingga tidak boleh dianggap remeh. Sebab dibalik itu bukan tidak mungkin menimbulkan masalah yang cukup serius, di antaranya bukan hanya sulit punya anak tapi dapat menderita penebalan endometrium (hiperplasi endometrium) dan kanker endometrium.

Bahaya lainnya adalah apabila sempat lama tidak mendapat menstruasi (siklus panjang) maka begitu mendapatkan menstruasi, volume darah yang keluar banyak sekali dan waktunya menjadi lebih panjang, sehingga dapat menimbulkan kurang darah atau anemia.

Karena menstruasi terkait dengan hormon maka perlu memastikan kondisi fisik dan psikis tetap optimal, di antaranya dengan pola makan teratur, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, jangan melakukan pekerjaan berat yang menguras energi terutama menjelang datangya menstruasi karena akan menganggu kerja hormon dalam tubuh.

Penting juga melakukan refreshing atau sehat sejenak dari rutinitas, agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Jika diperlukan, konsumsi obat atau suplemen yang bisa membantu memperlancar menstruasi.

1 comment:

Lazada Indonesia